PRA UJIAN NASIONAL

Tau nggak rasanya jadi kelas XII SMA? Apalagi IPA, yang terkenal sama itung - itungannya??
UN tinggal D-12, yang artinya, aku, kita, para kelas XII SMA cuma tinggal beberapa minggu lagi belajar FOKUS ke materi - materi UN.
Minggu minggu sekarang cuma belajar yang di UN kan aja, tapi aja, stress. Tapi, itu bukan jadi masalah kalo kita emang NIAT, Sungguh-sungguh, buat nyampe predikat "LULUS" kategori A, minimal B lah. Aamiin.
kebayang dong rasanya LULUS terus nilainya memuaskan, itu tuh rasanya, plus plus. jadikan usaha kita nggak sia - sia buat nyampe kesana.

berapa jam coba kita belajar? hampir 6-7 jam di sekolah, belom lagi ditambah pengayaan, atau yang ikut LES/ Bimbel, ditambah lagi belajar sendiri di rumah. hampir sepertiga hari menghabiskan waktu untuk belajar. Lebih enak kalo belaja itu sesuai sama gaya kita, contoh, aku gaya belajarnya visual, jadi kalo belajar lebih suka diem, baca dalam hati, pahami, atau tulisan nya dibuat  warna warni, apalagi kalo ada gambarnya, lumayan lah cepet nangkepnya. terus, aku lebih suka catetan yang mirip peta konsep, jadi ada panah - panahnya gitu, dan itu dibuat menarik.

uadah belajar, alias usaha. jangan lupa juga buat berdo'a, alias mendekatkan diri pada Allah SWT, karena Dia-lah yang tahu segalanya, apakah kita lulus atau nggak, apakah kita beruntung atau nggak, dll hanya Allah lah yang tahu. karena Allah Maha Mengetahui.

Tiap guru yang ngajar, pasti nasehatnya gitu, jadi selain belajar, kita disuruh berdo'a, minta sama Allah biar dimudahkan segalanya, sholat tahajudnya dilakukan, sholat duhanya, puasa senin kamisnya. jadi, itu mah bener- bener mendekatkan diri pada Allah. Terus, kata bu guru juga, kalo berdo'a itu jangan langsng, Memuji dulu, terus minta ampun, kita (termasuk aku), dosanya kan gak tau segimana, yang banyak ada, yang dikit juga ada. nah udah gitu, baru minta. tapi, jangan gara gara cuma mau UN terus sering ibadah, tapi pas UN beres jadi nggak lagi, ya nggak gitu juga. ibadah harus dilakukan sekecil apapun, kalau bisa kontinyu.

jujur, aku nggak beli buku-buku persiapan UN, malah lebih searching buku - buku onlinenya, lumayan kan segitu juga usaha, terus sharing sama temen - temen yang bagian nggak ngertinya. mereka juga ngebantu jelasin, tapi ada juga si materinya yang kita semua nggak ngerti. tapi alhamdulilahnya ada lah nilai yang memuaskan, yang cukup juga ada, yang zonk juga ada.

emm, pokonya sukseskan UN 2015 dan semoga LULUS, nilainya memuaskan, sama diterima di PTN / PTS yang diinginkan. Aamiin.

Dian Budiarti

Hello, I'm Dian and I'm is Casual style lovers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Play on

Instagram