Fungsi VLOOKUP pada MS. Excel

Fungsi VLOOKUP adalah mencari data berdasarkan tabel referensi data Vertical (data pada kolom).
Untuk mencari data menggunakan fungsi VLOOKUP, maka kita harus membuat 2 tabel. Yaitu tabel Sumber dan Tabel referensi.


contoh : 

Langkah pertama adalah menamai Tabel referensi, caranya :
1. Blok tabel referensi, mulai dari B15:D18.
2. Klik Tab FORMULAS, lalu pilih Define name. Maka akan muncul kotak dialog seperti berikut :


ketikan nama yang anda inginkan untuk tabel referensi nya. Lalu klik OK.

Setelah itu mari kita isi bagian Nama barang, caranya :
1. ketik = di bagian nama barang 
Lakukan seperti pada gambar.

kemudian akan muncul kotak dialog setelah mengklik rumus VLOOKUP.

ket : 
Lookup_value : sel yang akan dicari, disini kita akan mencari nama barang berdasarkan data kode barang, yaitu sel B6.
Tabel_array : nama dari tabel referensi tadi.
Coulumn_num : nomor kolom yang akan dimasukkan datanya ke sel yang akan dicari.
nomor kolom tergantung bagaimana anda memblok tabel saat menamainya.
Range_lookup : fungsi logika, bisa true atau false.

setelah melakukan cara di atas, maka nama barang akan terisi sesuai kodenya. 
Lalu drag ke bawah, sehingga nama barang bisa terisi penuh. 

Langkah berikutnya adalah mengisi harga satuan barang.

Caranya sama dengan di atas, hanya tinggal mengubah Lookup_value dan Coulumn_num, seperi pada gambar di bawah ini.


selesai ...







Dian Budiarti

Hello, I'm Dian and I'm is Casual style lovers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Play on

Instagram